Minggu, 23 Juni 2013

Gothic Photoshop

Gothic Photoshop: Me and My Dark Side

Pada Tutorial Photoshop kali ini, saya akan menunjukkan kepada anda yg sedang mencari cara mudah belajar photohsop tentang bagaimana cara membuat efek gothic dengan photoshop. Oh iya, pada tutorial kali ini saya akan memakai foto saya sendiri loh… ciiieeehhh… hahahhahaha

Sebenarnya saya bingung mengkategorikan tutorial kali ini sebagai zombie effect atau gothic effect, namun saya memutuskan untuk memasukkannya sebagai gothic effect, karena nantinya saya berencana untuk membuat sendiri postingan tentang zombie effect, jadi biar gak kehabisan judul gitu maksudnya… hahhahaa…. XD

Berikut hasilnya:


Bagi anda yg tertarik, berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka foto yg akan diedit



  2. Silahkan lihat image size foto dengan cara memilih menu Image > Image Size. Catat Width dan Height gambar. Setelah itu Klik Rectangular Marque Tool dan kemudian Setting sesuai berdasarkan ukuran gambar sobat yg saya suruh mencatat lagi. Misalnya pada Gambar saya ini, saya menggunakan ukuran gambar 500x667, maka untuk settingnya adalah dengan mengambil ukuran setengah dari lebar gambar, untuk tingginya biarkan tetap sehingga saya mengisi pada settingnya 250x667. Jika Sudah, maka klik pada foto dan atur posisi kotak agar tepat di sebelah kanan atau kiri gambar.



  3. Selanjutnya Langsng tekan CTRL+J sehingga akan terbentuk layer baru dengan hanya sisi kanan Foto. Klik Layer background terlebih dahulu lalu ulangi langkah nomer 2 dengan membuat sisi sebaliknya, sehingga pada Langkah ini kita mendapatkan 3 layer berbeda pada layer pallete kita. Ganti nama pada masing-masing layer agar memudahkan kita untuk mengaplikasikan effect pada foto kita nantinya.


  4. Klik pada layer dark side. Pertama-tama kita buat sisi ini menjadi hitam putih. Pilih menu Image > Adjustments > Gradient Map. Pada langkah ini kita mendapatkan hasil seperti berikut.


  5. Langkah selanjutnya kita agar memberikan warna gelap pada bibir dan mata, untuk mata kalau sobat menginginkan untuk mengganti dengan warna lain silahkan coba baca artikel saya Edit Foto: Mengganti Warna Mata atau yang ini Multicolored eyes. Pertama-tama pilih brush tool dan pilih foreground menjadi warna hitam dan setting seperti dibawah ini.


  6. Sebelum menyapukan pada bagian bibir dan mata kita buat layer baru terlebih dahulu dengan klik Create new layer pada layer pallete. Sehingga akan muncul 1 layer baru.


  7. Selanjutnya sapukan brush tool pada bagian bibir dan keseluruhan mata, oh iya sebelumnya pindah layer wajah asli pada posisi layer paling atas agar mempermudah pewarnaan, setelah memindah layer wajah asli maka klik lagi pada layer 1 yg sudah kita create barusan dan mulailah menyapukan warna. Kemudian ganti blending mode layer ini menjadi Soft Light.


  8. Selanjutnya Klik layer dark side lagi dan kemudian berikan efek darah kering. Bagi yg belum tau caranya, silahkan baca postingan saya Manipulasi foto: Efek Darah Kering. Untuk yg tidak tau mana burn tool dan mana yg harus di setting, silahkan lihat pada gambar dibawah.



  9. Bermain-mainlah pada Range dan Exposure untuk memberikan efek darah kering pada layer dark side kita agar kita mendapatkan hasil yg kita inginkan. Sampai pada langkah ini saya mendapatkan hasil seperti berikut


  10. Untuk langkah terakhir, klik layer yg sudah kita namai wajah asli terlebih dahulu dan kemudian ganti Blending mode menjadi Soft Light.
  11. Untuk langkah terakhir ini kita hanya memberikan garis tengah pemisah agar lebih terlihat garis batasnya. Pertama-tama klik Create new layer, lalu gunakan Single column marquee tool dan atur posisi agar tepat berada ditengah. Selanjutnya gunakan Paint Bucket tool dan klik tepat di tengah selection yg sudah ada. Kalau gak kliatan, silahkan di zoom. Selesai sudah… ^^




Judul Gothic Photoshop: Me and My Dark Side
Deskripsi Cara Membuat Gothic Photoshop: Me and My Dark Side
Last Update 23/06/13
Author Denie Kurniawan
Rating
96%/100% Peringkat Dari 9411 Suara

Tutorial Photoshop Author Post Author

Salah satu dari sekian banyak orang yang ingin memanfaatkan Internet sebagai media untuk saling berbagi dan bersilaturahmi.

1 komentar :

Adhum La Odhe mengatakan...

trik photosopnya sederhana, tapi hasilnya bagus...
boleh nh ditiru...